Saturday , November 18 2017
Breaking News
Home / gaming / Rahasia Cara Memaksimalkan Performa Grafis Nvidia GeForce Pada Laptop Yang wajib Kita Tau

Rahasia Cara Memaksimalkan Performa Grafis Nvidia GeForce Pada Laptop Yang wajib Kita Tau

Cara Memaksimalkan Performa Grafis Nvidia GeForce Pada Laptop

Komputer jinjing – nama kerennya, kini Tak lagi gadget mewah pada sebagian orang, apalagi bila kita pecinta Game, dan juga untuk Usaha misalnya pelaku Programer, barangnya yang compact, ringan, dan mudah portable ke mana mana menjadikan laptop merupakan pilihan tepat untuk banyak orang, bahkan para mahasiswa pun saat ini sudah banyak universitas dan sekolah yang mewajibkan untuk memilikinya.

Pada umumnya laptop mempunyai satu buah kartu grafis bawaan atau on board yang sudah terpasang. bila memakai prosesor Intel, maka akan terdeteksi Intel HD Graphic sebagai kartu grafis bawaannya. Fungsi dari kartu grafis bawaan sendiri merupakan untuk mengolah dan membagikan tampilan output ke layar dalam format standar. sebab mengingat kemampuan dari kartu grafis jenis ini memang sangat terbatas.
Untuk menunjang supaya performa dan kualitas tampilan menjadi lebih mantap, kebanyakan laptop sekarang ini sudah memakai dua buah kartu grafis, yaitu kartu grafis bawaan atau on board, dan kartu grafis tambahan atau add-on. Salah satu kartu grafis yang banyak dipakai dan sering kali dipadukan dengan prosesor Intel merupakan kartu grafis Nvidia Geforce.

bila hanya menjalankan aktifitas ringan aja maka biasanya kartu grafis on board yang akan dipilih. akan tetapi bila sedang menjalankan aktifitas berat seperti bermain game ataupun merender suatu video maka otomatis kartu grafis add-on yang akan dipilih. Namun terkadang laptop tetap memakai kartu grafis on board saat menjalankan game yang Tak terlalu berat. Hal ini terkadang menimbulkan sedikit lag walaupun sebenarnya kemampuan dari grafis kita sudah cukup. Lalu bagaimana cara menemui kualitas dan performa untuk setiap aktifitas yang kita jalankan? Yaitu dengan cara merubah settingan kartu grafis yang akan kita pilih hanya menjadi Nvidia aja. Bagaimana cara merubahnya? Baca ulasannya berikut ini.

Cara Merubah Settingan Intel HD Graphic ke Nvidia.

1. Pastikan saat ini Anda berada di area kerja dekstop. Setelah itu, bawa kursor ke area kosong pada dekstop dan klik kanan lalu pilih Nvidia Control Panel.

2. Lalu setelah itu pilih Manage 3D Setting.

3. Selanjutnya, pada bagian Preferred Graphic Processor ubah settingan default yang semula merupakan Auto Select menjadi High Performance Nvidia Processor.

Cara Setting Nvidia Control Panel Untuk Performa atau Quality Yang Lebih bagus.

1. Pastikan sudah berada di area kerja Nvidia Control Panel.
2. Pada bagian kiri atas pilih option Adjust Image Setting With Preview.

3. Setelah itu centang atau pilih option Use My Preference Emphasizing, setelah itu kita Bisa merubah settingan yang ada. bila kursor Anda maksimalkan ke kanan (Quality) maka Anda akan menemui tampilan yang lebih bagus dengan konsekuensi performanya sedikit menurun. Lalu bila kursor Anda arahkan ke kiri hingga full (Performance) maka Anda akan menemui kinerja atau performa yang lebih bagus, namun dengan konsekuensi kualitas atau detail tampilan sedikit diturunkan. Opsi lainnya merupakan Balance (kursor berada ditengah) bila Anda ingin menemui hasil yang seimbang antara kualitas dan performa.



Apabila hasil yang Anda dapatkan belum memuaskan, Anda Bisa kembali ke bagian Manage 3D Setting untuk nantinya tiap bagian Bisa Anda sesuaikan supaya mencapai tingkat yang Anda inginkan.

Keterangan Opsi Di Nvidia Control Panel:

1. Ambient Occlusion.
  

Pada bagian ini yang diatur merupakan mengenai tingkat detail gambar, yaitu pada pembentukan shadow / bayangan supaya menjadi lebih bagus. bila Anda ingin tampilan yang detail dengan tambahan Imbas bayang yang apik, maka pilih Quality pada bagian ini. Namun bila kartu grafis Anda standar-standar aja, maka saya sarankan untuk pilih Off pada bagian ini supaya menemui performa yang lebih prima.

2. Anistropic Filtering.

Fungsi pada bagian ini merupakan untuk mengatur semua tekstur mulai dari 2D hingga tekstur 3D, supaya terlihat lebih jelas. Untuk menemui tekstur yang bagus pilih opsi 16x akan tetapi bila ingin settingannya fleksible sesuai dengan pilihan dari Nvidia maka pilih Application controlled.


3. Antialiasing Mode.

Mode ini bermanfaat untuk membagikan kesan smooth pada Imbas 3D tampilan. bila kartu grafis yang Anda gunakan tergolong kelas  High End Anda Bisa pilih opsi Enhance The Application Setting, namun bila kartu grafis yang Anda gunakan cenderung pas-pasan aja maka lebih bagus pilih Off aja.

4. CUDA GPUs

Pilihan ini akan bermanfaat untuk menentukan dengan cara spesifik GPU mana yang Bisa menjalankan CUDA Application dan PhysX.


5. Maxiun Pre-Rendered Frames.

Fungsinya merupakan untuk mempersiapkan frame-frame yang berada dibelakang frame yang sedang bekerja. Untuk menghasilkan performa lebih bagus gunakan aja Use The 3D Application Setting.


6. Multi Display / Mixed GPU Acceleration.

Fungsi dari opsi ini merupakan untuk membagikan Anda pilihan akan memakai berapa buah monitor. bila hanya memakai satu buah monitor maka pilihlah Single Display Performance, Bisa lebih dari satu monitor, Anda Bisa memakai pilihan Multiple Display Performance atau Bisa juga pilih Compatibillity Performance Mode.

7. Power Management Mode.

Power Management Mode digunakan untuk mengatur konsumsi daya pada kartu grafis. bila ingin grafis yang bagus dengan performa bagus, maka disarankan gunakan Prefer Maximun Performance akan tetapi pilihan ini akan menjadikan konsumsi daya lebih boros dan berdampak pada kapasitas baterai. bila baterai ingin lebih Ekonomis, gunakan pilihan Adaptive.


8. Texture Filtering Anistropic Sample Optimization.

Fitur ini berfungsi untuk menyaring dan menstabilkan tekstur gambar yang akan ditampilkan, setting On aja untuk bagian ini.


9. Texture Filtering Negatif LOD Bias.

Fungsi utama dari fitur ini merupakan untul mengatur tingkat ketajaman objek dalam suatu game. Untuk pilihan Clamp akan menghasilkan tampilan yang lebih bagus, efeknya merupakan game akan terasa lebih berat, untuk itu Bisa diganti dengan mode Allow supaya game Tak terasa berat lagi.


10. Texture Filtering Quality.

Bagian ini juga membagikan pilihan mana yang ingin lebih dioptimalkan apakah performa atau kualitas.


11. Threaded Optimization.

Pilihan ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dari multithread dalam setiap game 3D, dimana sekarang ini hampir semua laptop sudah memakai teknologi multi core, sehingga lebih bagus pilih opsi  On atau Auto aja.

12. Vertical Sync

Vertical Sync berfungsi untuk menyamakan frame rate game dengan refresh rate monitor, guna menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus.
Untuk menemui hasil yang sesuai dengan keinginan, maka Anda Bisa mencoba untuk mengotak-atik dengan cara manual settingannya, hingga Anda menemukan settingan yang menurut Anda pas.

 

 

Please, Share Artikelnya Jika Beramanfaat :)

About Chen

Check Also

Chuwi LapBook Super Tipis, Masuk Indonesia Cuma 2,9 Juta! Yang Wajib Anda Ketahui

Chuwi LapBook Super Tipis, Masuk Indonesia Cuma 2,9 Juta! Komputer jinjing – nama kerennya, sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *