Sunday , December 17 2017
Breaking News
Home / gaming / Dibalik Tutorial Memilih VGA Terbaik Untuk PC Dan Laptop Anda Yang wajib Anda Ketahui

Dibalik Tutorial Memilih VGA Terbaik Untuk PC Dan Laptop Anda Yang wajib Anda Ketahui

Tutorial Memilih VGA Terbaik Untuk PC Dan Laptop Anda

Komputer jinjing – nama kerennya, sudah Tak lagi barang mewah pada sebagian orang, terlebih untuk penikmat Game, dan yang dibuat untuk Bisnis contohnya seorang Programer, barangnya yang simple, ringan, dan mudah portable ke mana mana menjadikan laptop merupakan gadget pilihan untuk banyak orang, termasuk para mahasiswa pun saat ini sudah banyak universitas juga sekolah mengharuskan untuk memilikinya.

Kartu grafis merupakan komponen peripehal komputer yang bertugas untuk menangani masalah pemrosesan grafik pada suatu perangkat komputer. Semakin bagus kualitas dari kartu grafis yang digunakan oleh suatu perangkat komputer, maka kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh komputer tersebut akan semakin bagus sehingga melonjakkan kepuasan pengguna.

sebab untuk menentukan kartu grafis mana yang paling tepat untuk kebutuhan kita merupakan hal yang cukup membingungkan, Maka kali ini Saya akan membantu kalian dalam memilih kartu grafis untuk PC kalian melalui beberapa Tutorial berikut ini.

1. Utamakan GPU Bukan Brand

saat membeli kartu grafis untuk perangkat komputer Anda, pastikan Anda Tak terpengaruh oleh Etos yang menyatakan kalau brand merupakan segalanya. Memang, beberapa brand terkenal seperti Nvidia dan AMD mempunyai kualitas yang sudah Tak diragukan lagi. akan tetapi tetap aja, Anda wajib teliti dan memperhatikan aspek GPU. GPU merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk menjalankan perhitungan matematis yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan proses render gambar yang akan ditampilkan melalui layar monitor.

saat Anda memperhatikan aspek GPU, Anda akan sering melihat informasi terkait GPU Speed. Nah, pastikan Anda memilih kartu grafis dengan GPU Clock Speed yang tinggi supaya kualitas grafis di perangkat komputer Anda meningkat dengan tajam. GPU Clock Speed ini menunjukkan batasan kemampuan dari kartu grafis tersebut untuk menjalankan perhitungan matematis. Semakin tinggi GPU Clock Speed, maka perhitungan matematis tadi semakin Cepet sehingga proses render juga akan berjalan lebih Cepet.

2. Jumlah Core Pada Kartu Grafis

Selain GPU, Anda juga wajib memperhatikan jumlah Core GPU pada kartu grafis yang akan Anda beli. Semakin banyak jumlah core yang dimiliki oleh suatu GPU, maka semakin banyak pula tugas (proses komputasi) yang bila dilaksanakan dalam satu waktu oleh GPU tersebut.
Ibaratnya, bila GPU dengan 6 core diminta untuk mengerjakan 3 tugas, maka 1 tugas akan diselesaikan oleh 2 core dengan cara bersamaan, yang mana hal tersebut lebih Cepet bila dibandingkan dengan GPU yang mempunyai jumlah 3 core sebab masing-masing core hanya bekerja sendiri untuk menyelesaikan 1 tugas.


3. Pilih Kartu Grafis Dengan Nilai TDP Kecil Atau Kebutuhan Power Kecil


Tak jauh berbeda dengan CPU komputer, GPU kartu grafis juga tentunya akan menimbulkan Hangat selama GPU kartu grafis tersebut bekerja menjalankan proses render gambar dan sebagainya, yang ditunjukkan oleh nilai TDP (Thermal Design Power). Semakin besar nilai TDP ini, maka berarti semakin besar Hangat maksimun yang dihasilkan oleh kartu grafis Anda.

Tentunya, Anda Tak mau kan bila kartu grafis yang kalian beli menghasilkan Hangat yang begitu tinggi sehingga Bisa menyebabkan overheat dan suara bising? Nah, maka dari itu memilih kartu grafis dengan nilai TDP sekecil mungkin Bisa menjadi tindakan yang bijak.

4. Perhatikan Tipe Memori dan Bandwith

Aspek lain yang juga sangat penting dan wajib Anda perhatikan saat membeli kartu grafis merupakan tipe memori yang dimiliki oleh karrtu grafis pilihan Anda. Terdapat beberapa tipe memori kartu grafis yaitu GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5, dan GDDR5X.
bila meilhat dari urutan tersebut, sudah Bisa dipastikan kalau semakin tinggi angka pada tulisan GDDR, maka semakin bagus pula kemampuan dari kartu grafis Anda. Sebagai contoh, kemampuan GDDR5X dua kali lebih Cepet daripada kemampuan GDDR5 dan GDDR5 tiga kali lebih Cepet daripada GDDR3.
Selain itu, Anda juga wajib memperhatikan bandwith memori kartu grafis yang Anda beli. Bandwith pada memori kartu grafis merupakan jumlah data yang Bisa diakses oleh GPU dalam satu waktu sehingga semakin Cepet bandwith, maka proses komputasi yang berlangsung dalam GPU juga akan semakin Cepet selesai.
Hal tersebut akan melonjakkan jumlah frame gambar yang dihasilkan dalam satu detik. Sebagai tambahan, semakin banyak frame yang dihasilkan dalam satu detik, maka semakin bagus pula kualitas dari gambar yang dihasilkan.

5. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Nah, aspek lain yang patut Anda perhatikan di luar aspek teknis seperti kecepatan GPU, jenis memori, bandwith, jumlah core dan nilai TDP, Anda juga wajib menyesuaikan pembelian kartu grafis Anda dengan budget yang Anda miliki.
bila Anda hanya mempunyai budget sekitar Rp 1 juta, maka jangan terlalu berharap menemui kartu grafis sekelas GTX 1080 atau RADEON R9. Kalian Bisa membeli ASUS GTX 750 atau MSI GTX 750 yang harganya berkisar di Rp 1,8 juta.

Namun, bila Anda mempunyai budget sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, Anda Bisa mencoba ASUS GTX 1050 atau DA GTX 960. Sementara itu, untuk Anda yang mempunyai budget besar, Anda Bisa mencoba membeli GTX 1080 yang harganya berkisar Rp 7,3 juta (harga konversi dari dollar) atau RADEON R9 yang tentunya akan menawarkan kualitas grafis yang luar biasa. Anda juga Bisa mempertimbangkan untuk membeli VGA bekas bila budget Anda benar-benar terbatas.

Nah, itulah Tutorial untuk Anda yang akan membeli kartu grafis. Semoga bermanfaat ya.

 

 


Please, Share Artikelnya Jika Beramanfaat :)

About Chen

Check Also

Chuwi LapBook Super Tipis, Masuk Indonesia Cuma 2,9 Juta! Yang Wajib Anda Ketahui

Chuwi LapBook Super Tipis, Masuk Indonesia Cuma 2,9 Juta! Komputer jinjing – nama kerennya, sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *